Bisa membaca sendiri di Usia 4 tahun

Ini nih anak nya.. mz Adith!
Abis ulang tahunnya yang ke 4, November lalu.. waktu jalan-jalan ke daerah jalan sukajadi, piu mampir untuk beli jus buah untuk nenek. nah di depan jus buah itu ada gerobak yang untuk jualan sarapan pagi dan sate untuk malam hari. Ada tulisan 'Warung Sarapan Pagi, Soto, Lontong dan Gado-gado" trus dikaca sebelahnya tulisannya SATE AYAM.

Sambil memandang keluar kaca jendela, tiba-tiba mas adith ngebaca keras-keras... "Saa Tee..., "itu bacaannya SATE..katanya bangga. Otomatis miu n nenek yang lagi dengerin jadi ngasih applaus.. "Wahh..mas adith hebat.. bisa baca sate...
Coba yang sebelah Sate itu bacaannya apa..
Trus mas Adit nya membaca patah-patah.. Waa run..Sa wa pann Paa gi..dan Soo too..!
Itu Soto mami...'teriaknya..

wahhh..beneran deh..saat itu rasanya spechless liatin mz adith bisa baca gitu..

Waktu piu kembali dari beli jus.. langsung laporan..kalo adith udah bisa baca tulisan Sate dan soto.. Piu nya juga langsung ngasih applaus dan langsung janjiin nanti pas arah pulang mz adith di traktir makan Sate Dangung-dangung yang di jln delima. heheh.

Pengalaman punya anak yang umur 4 tahun bisa baca ini..banyak juga sih temen-temen yang nanyain.. koq bisa mz adith bisa membaca gitu ya. Nah, jadi kira-kira ini pengalamannya:

1. Terbiasa nonton video aka Youtube yang Alphabet Song.
Namanya anak yang orang tuanya emang basic kerjanya di bidang IT (piu nya fokus di Jaringan dan DC), sejak 1 tahunan udah liat video aphabet gitu. Kenapa alphabet yaa, karena itu kayaknya yang banyak seliweran di Youtube dan kayaknya "aman" di liat ama baby. Tampilan alphabetnya juga macam-macam.. ada yang kayak kartun gitu atau huruf beneram tapi dgn gerakan-gerakan yang lucu, jadinya anak suka perhatiin.

2. Arahin ke AIUEO
Waktu mz adith umur 2,5 - 3th dia udah demen banget ama alphabet (ABC Song dan Ponic song) dan Gandrung banget ama apa-apa yang ada alphabet nya, misalnya tikar ABC, balok ABC, bongkar pasang ABC, buku ABC, Baby Card ABC & 123, puzzle ABC dll yang ada susun menyusun ABC.
Jadi waktu itu aq rada takut dia jadi bosen ama huruf-huruf kalo ngga ada kemajuan dari yang selama ini.. Jadi suatu hari aq coba in masuk ke Bimba AIUEO yang di jalan Lobak. Cuma sempat masuk kelas 5x abis itu ngga diterusin, soalnya miu harus nganterin adith masuk kelasnya yang jam 12.30wib, sementara istirahat kerja di kantor dari jam 12.00 - 13.30wib, jadi dari Kantor Riau Pos, trus pulang jemput adith, trus ke Bimba - nungguin les 45menit, abis tu langsung anter pulang, n trus miu harus balik lagi ke kantor supaya gak telat masuk kantor. Awalnya miu semangat nganterin, masuk minggu ke dua koq rasanya letihh banget kejar-kejaran ama waktu kerja. akhirnya sukses cuma masuk kelas 5x.

tapi dari masuk kelas 5x itu, ketemu inti nya.. karena ternyata di Bimba AIUEO ini metode ngajarin membacanya simple n fun, pake lagu gitu.. jadi kebetulan banget untuk adiht yang emang udah hafal banget abc, jadi gak terlalu susah ngarahinnya.
contohnya kata yang mudah: MAMA.
cara belajar bacanya, di eja sambil di nyanyiin.. "EM A EM A mamaaa EM A EM A mamaaa EM A EM A... ??? (nada ujung nya sambil nyanyi tapi nadanya seperti bertanya..jadi si anak langsung ngikutin bacaan mamaaa di akhir lagu).
Nah dari sini, aq cuma ngembangin aja ke kata-kata lain yang se-rima.. misalnya: ES U ES U susuu ES U ES U susuuu ES U ES U susuu.. atau PAPA, KUKU, DADA, PIPI, YOYO, DEDE, trus arahin ke nama-nama anggota tubuh, JARI, DAHI, PAHA, KAKI, DAGU, GIGI dll.
jadi setelah konsep AIUEO nya dia paham, tiba-tiba dia udah bisa aja ngerangkai sendiri. Nah untuk kata yang ada NY dan NG nya, aq kasih info aja ke dia, adith, kalo N dengan Y gitu, baca nya Nyeh yaa... kalo N dan G baca nya E'NG...
yah gitu lah awal nya.
tentu saja proses nya juga ngga cepat ya.. dari usia 3 tahun itu.. bisa baca sendiri nya waktu abis ulang tahun yg ke 4 di November, terus kejadian yang dia baca tulisan SATE itu, di bulan Des 2015.

3. Belajar dari Video Indonesia, yang serial "Lala & Chiko" sama "Diva & Pupus" terbitan Kastari Animasi.
Mz adith sering kali mengakses video learningnya lala dan chiko ini, baik yang seri ABC nya mau pun yang huruf hijaiyah dan belajar berhitung nya. {Terima kasih yaaa buat Kastari Animation.. semoga dengan sering nya mz adith mengakses video nya, dibalas dengan rating hits yang tinggi dari om google yaa...aminnn :) )

4. Mungkin, tergantung anak nya juga kayaknya.
Iya, menurut ku pada akhirnya yaa..tergantung anak nya. heheh. Soalnya ada temenku yang bilang anaknya udah sama kayak yang adith lakukan, nonton video dan mainan ABC gitu, tapi koq blum juga bisa baca. Jadi ini menurutku yaa jadi variabel lah.
Lagian, usia 4 tahun emang anak belum waktunya dituntut untuk bisa baca.. belajar abc dan 123 sih oke.. tapi wajib bisa baca..it's NO.
Jadi ya kalo pun jadi bisa, menurutku ini BONUS aja. Alhamdulillah.


*Plus minus anak balita bisa cepat membaca
*Anak tetangga usia 5,5tahun udah masuk SD, anakku kapan ya?






Comments

Popular Posts